?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+THINK+TALK+WRITE+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+PENGUASAAN+%0D%0AKONSEP+OLEH+SISWA+PADA+MATERI++++++++++++++++++++++++%0D%0A+PENCEMARAN+LINGKUNGAN%0D%0A&rft.creator=Made+Setia+Harini+%2C+0853024026&rft.subject=+&rft.description=Aktivitas+belajar+merupakan+kunci+utama+untuk+mencapai+tujuan+pembelajaran.+Namun+hasil+observasi+di+kelas+X+SMA+Negeri+1+Sidomulnyo+Kabupaten+Lampung+Selatan%2C+diketahui+bahwa+aktivitas+belajar+siswa+belum+dikembangkan+secara+secara+optimal.+Hal+ini+dikarenakan+selama+ini+guru+menggunakan+metode+yang+kurang+tepat+untuk+mengembangkan+aktivitas+siswa.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+peningkatan+aktivitas+dan+penguasaan+konsep+oleh+siswa+melalui+model+pembelajaran+TTW+pada+materi+pencemaran+lingkungan.+%0D%0A%0D%0ADesain+penelitian+ini+adalah+pretes+postes+non-equivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+X2+dan+X1+yang+dipilih+dari+populasi+secara+cluster+random+sampling.++Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.++Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes%2C+postes%2C+dan+N-Gain%2C+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji+U+melalui+bantuan+program+SPSS+17.+Data+kualitatif+diperoleh+dari+lembar+observasi+aktivitas+belajar+siswa+yang+dianalisis+secara+deskriptif.+%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+aktivitas+belajar+siswa+mengalami+peningkatan+sebesar+7%2C5%25.+Penguasaan+konsep+mengalami+peningkatan+dengan+rata-rata+N-gain+53%2C17.+Hal+ini+berarti%2C+bahwa+penggunaan+model+TTW+berpengaruh+terhadap+peningkatan+aktivitas+dan+penguasaan+konsep+pada+materi+pencemaran+lingkungan+di+SMA+Negeri+1+Sidomulyo.%0D%0A%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+TTW%2C+Aktivitas%2C+Penguasaan+Konsep%2C+Pencemaran+Lingkungan%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-01-09&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F3%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F5%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F6%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F7%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F8%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F9%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F10%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F11%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F12%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F13%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F14%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F15%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F16%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F17%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F18%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F19%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F20%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F21%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Made+Setia+Harini+%2C+0853024026++(2015)+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+THINK+TALK+WRITE+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+PENGUASAAN+KONSEP+OLEH+SISWA+PADA+MATERI+PENCEMARAN+LINGKUNGAN.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F6431%2F