%A 0853024026 Made Setia Harini %T PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN %X Aktivitas belajar merupakan kunci utama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun hasil observasi di kelas X SMA Negeri 1 Sidomulnyo Kabupaten Lampung Selatan, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa belum dikembangkan secara secara optimal. Hal ini dikarenakan selama ini guru menggunakan metode yang kurang tepat untuk mengembangkan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa melalui model pembelajaran TTW pada materi pencemaran lingkungan. Desain penelitian ini adalah pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X2 dan X1 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-Gain, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U melalui bantuan program SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 7,5%. Penguasaan konsep mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 53,17. Hal ini berarti, bahwa penggunaan model TTW berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Sidomulyo. Kata kunci: TTW, Aktivitas, Penguasaan Konsep, Pencemaran Lingkungan %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints6431