%A 1813053013 DIAN APRIANSYAH %T Pengaruh Peran Orang Tua dan Fasilitas Belajar dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV SD Negeri se-Gugus 1 Gadingrejo Kecamatan Gadingrejo %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri se-Gugus 1 Gadingrejo Kecamatan Gadingrejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh yang positif dan signifikan antara peran orang tua dan fasilitas belajar dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian ini yaitu ex-post facto korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 144 orang peserta didik dan sampel berjumlah 62 orang peserta didik dengan menggunakan teknik probability sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan didapatkan Fhitung (40) > Ftabel (3,14) dengan signifikansi 0,05 ? 0,05 dan kontribusi sebesar 56%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara peran orang tua dan fasilitas belajar dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Kata kunci: fasilitas belajar dalam pembelajaran daring, hasil belajar, peran orang tua %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints64380