%A Dyah Cahya Prameswari %T Gambaran Kondisi Psikologis Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Selama Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 %X Latar Belakang: Pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran daring untuk memutus rantai penyebaran virus. Penerapan pembelajaran daring dinilai kurang efektif dilakukan pada mahasiswa karena tidak ada interaksi dan kurangnya keterampilan yang diperoleh. Perubahan sistem pembelajaran dan keadaan pandemi Covid-19 memaksa mahasiswa harus beradaptasi dengan sistem pembelajaran baru yang dapat menyebabkan mahasiswa memiliki masalah psikologis, yang jika tidak dideteksi dan diatasi sejak dini gangguan tersebut dapat menetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi psikologis mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung selama pembelajaran daring di era pandemi Covid-19. Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei pada 338 sampel yang terpilih dengan teknik total sampling dari 4 angkatan aktif mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter. Data dikumpulkan dengan pengisian Self-Reporting Questionnaire (SRQ-20) untuk mengetahui gambaran kondisi psikologis mahasiswa. Hasil: Terdapat 56,8% responden terindikasi masalah psikologis dengan gejala depresi 93,8%, gejala cemas 87,5%, gejala somatik 79,7%, gejala kognitif 81,8%, dan gejala penurunan energi 96,9% serta 43,2% responden lainnya tidak terindikasi masalah psikologis. Simpulan: Sebagian besar mahasiswa terindikasi masalah psikologis selama pembelajaran daring di era pandemi Covid-19. %D 2022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1818011018 %I FAKULTAS KEDOKTERAN %L eprints64407