TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints64452 UR - http://digilib.unila.ac.id/64452/ A1 - NADYA MERDEKA WATI, 1715061010 Y1 - 2021/12/24/ N2 - Sebagian besar perusahaan maupun organisasi telah menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi performa bisnis. Agar efektifitas dan efisiensi dari penggunaan teknologi informasi tercapai, diperlukan tata kelola teknologi informasi yang baik agar tujuan yang diingingkan tercapai. Dalam menghadapi persaingan dengan persusahaan lain di sektor yang serupa, Bank XXX selalu berupaya memberikan yang terbaik, menyediakan pelayanan yang prima dan bekerja dengan optimal dan baik. Meskipun telah menggunakan teknologi informasi yang handal, pada implementasi di lapangan masih terdapat beberapa kendala yang tidak bisa dihindari. Pada divisi IT masih terdapat kendala yaitu menumpuknya permintaan pelayanan service request. Pada penelitian ini, dilakukan penilaian tata kelola teknologi informasi berdasarkan framework COBIT 5 fokus subdomain DSS 02. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat capability model dan nilai risiko serta memberikan rekomendasi perbaikan tata kelola teknologi informasi di PT. Bank XXX Cabang X. Metodologi yang digunakan adalah metode pengumpulan data dan analisis data. Metode pengumpulan data terdiri dari perumusan masalah, studi literatur, observasi, wawancara dan kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan menghitung hasil jawaban kuesioner menggunakan skala pengukuran likert untuk mendapatkan nilai current capability model, expected capability model dan nilai risiko, menghitung gap dan memberikan rekomendasi perbaikan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa nilai current capability model pada sub domain DSS02 (pengelolaan permintaan pelayanan dan insiden) adalah 4,22, expected capability model bernilai 4,47 dan didapatkan 14 rekomendasi perbaikan. Kata kunci ? COBIT 5, Penilaian Tata Kelola Teknologi Informasi, Capability Model, Current Capability Model, Expected Capability Model. PB - FAKULTAS TEKNIK TI - PENILAIAN IMPLEMENTASI TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI BERDASARKAN FRAMEWORK COBIT 5 FOKUS SUBDOMAIN DSS 02 (DELIVER, SERVICE, AND SUPPORT) (Studi Kasus PT. Bank XXX Cabang X) AV - restricted ER -