TY - THES ID - eprints64472 UR - http://digilib.unila.ac.id/64472/ A1 - SALMAN AL FARISYI, 1923021004 Y1 - 2022/06/28/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-modul yang valid dan praktis serta melihat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan e-modul pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 33 Bandar Lampung pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan uji t dan N-gain. Hasil studi pendahuluan menunjukkan kebutuhan untuk dikembangkan e-modul untuk pembelajaran pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII. Hasil pengembangan e-modul persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel memiliki kategori valid dan praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa e-modul dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan rata-rata N-gain sebesar 0,70. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa penggunaan e-modul dalam pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA AV - restricted EP - 1923021004 ER -