@misc{eprints64498, month = {Juni}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT}, author = {1813053051 FADILLAH AYU ANJANI PUTRI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/64498/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh dan peningkatan yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri dengan media audio visual terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalen control grup design. Populasi penelitian berjumlah 204 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster sampling atau teknik kelompok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji statistik t-test sparated varians. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan Fhitung = 4,43 ? Ftabel = 4,13 dan rata-rata N-Gain menunjukkan antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu 0,62 dengan kategori ?Sedang? dan rata-rata N-Gain antara pretest dan posttest kelompok kontrol yaitu 0,41 dengan kategori ?Sedang?. Selisih N-Gain kedua kelompok yaitu 0,21. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar di kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kata kunci: hasil belajar, inkuiri, media audio visual. ABSTRACT The problem in this study is the low mathematics learning outcomes of fifth grade students at SD Muhammadiyah Metro Pusat. The purpose of this study was to describe and analyze the influence and significant increase in the application of inquiry learning models with audio-visual media on students' mathematics learning outcomes. This type of research is quantitative research with an experimental approach. The research design used is a non-equivalent control group design. The research population was 204 students. The research sampling technique used cluster sampling or group techniques. The technique of data collection was done by using test and non-test techniques. The data analysis technique used a simple regression test and a statistical test of t-test separated variance. The results of the simple regression test show Fhitung = 4,43 Ftabel = 4,13 and the average N-Gain shows between the pretest and posttest of the experimental group, namely 0.62 with the "Medium" category and the average N-Gain between pretest and posttest the control group is 0,41 with the "Medium" category. The difference in N-Gain of the two groups is 0,21. This shows that the increase in learning outcomes in the experimental group is higher than the control group. Key words: audio visual media, inquiry, learning outcomes. } }