TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints64510 UR - http://digilib.unila.ac.id/64510/ A1 - LILY ARDIYANTI, NPM1813021030 Y1 - 2022/07/25/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 352 siswa yang terdistribusi menjadi 11 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H sebanyak 27 siswa dan kelas VIII-K sebanyak 30 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning lebih dari 60% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning. Dengan demikian, model problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Kabupaten Lampung Selatan Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022) AV - restricted ER -