%0 Generic %A DEWI PURWATI, 1713021001 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:64529 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022) %U http://digilib.unila.ac.id/64529/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran means end analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo sebanyak 149 siswa yang terdistribusi ke dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas XI IPA 1 dan Kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu posttest-only control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa 5 soal uraian dengan pokok bahasan matriks. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-