@misc{eprints64558, month = {Juni}, title = {PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM MEMPERKUAT SIKAP DIGITAL CITIZENSHIP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA N 16 BANDAR LAMPUNG}, author = {1713032001 AMALLIA NOVIANI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/64558/}, abstract = {Perubahan yang terjadi pada era pandemi tentunya sangat berpengaruh pada tatanan kehidupan khususnya teknologi dikalangan dunia pendidikan. Lingkungan pendidikan menjadi berubah yang tadinya proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka, tapi sekarang menggunakan media pembelajaran daring. Sekolah sebagai salah satu faktor utama dalam membentuk karakter peserta didik, sehingga dapat mendukung penggunaan teknologi dengan baik sehingga disebut dengan kewargaan digital (Digital Citizenship). Namun pada kenyataannya saat ini, penyebab sebagian dari kurangnya sikap yang kurang baik dalam penggunaan teknologi yang dilakukan oleh peserta didik. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media pembelajaran daring dalam memperkut sikap Digital Citizenship peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemanfaatan media pembelajaran daring dalam memperkuat sikap Digital Citizenship peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran daring erat kaitannya dengan digital citizenship peserta didik pada mata pelajaran PPKn dikaitkan dalam beberapa komponen yaitu digital acces, digital communication, dan digital ettiquete peserta didik. Media Pembelajaran daring dilakukan dengan real platform, panduan guru, waktu yang terbatas, serta pengawasan dari orang tua. Maka, pemanfaatan komponen digital citizenship perserta didik juga perlu adanya dukungan dari guru dan orang tua Sehingga akan membantu peserta didik dalam menggunakan digital secara signifikan dan mengetahui rambu-rambu dalam penggunaan digital. Kata Kunci: Media Pembelajaran Daring, Digital Citizenship, dan Peserta Didik } }