title: PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN STEM BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH creator: PIXYORIZA, 1923021022 subject: 607 Pendidikan, riset, topik terkait description: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul digital berbasis pendekatan STEM berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah. Modul digital ini disusun dengan tampilan yang menarik menggunakan aplikasi Flip PDF Professional dan berbasis pendekatan STEM. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. Data penelitian diperoleh menggunakan angket, observasi, wawancara dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul digital berbasis STEM berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah memiliki kategori valid dan praktis, dan n-gain rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik menggunakan modul digital berbasis pendekatan STEM sebesar 0,68 serta hasil uji paired sample test dengan hasil uji Symp.Sig (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan peningkatan rata-rata yang signifikan pembelajaran menggunakan modul digital berbasis pendekatan STEM. Berdasarkan hasil penelitian, modul digital berbasis pendekatan STEM ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Kata Kunci: modul digital, kemampuan pemecahan masalah, pendekatan STEM date: 2022-07-19 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64564/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64564/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64564/3/3.%20TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: PIXYORIZA, 1923021022 (2022) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN STEM BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/64564/