%0 Generic %A FATWA DEWI BANOWATY , 1853031004 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:64605 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, PENGALAMAN BERBELANJA ONLINE, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/64605/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial instagram, pengalaman berbelanja online dan interaksi lingkungan sosial terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pendidikan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif pendidikan ekonomi angkatan 2018-2020 FKIP Universitas Lampung yaitu sebanyak 200 orang mahasiswa. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 133 orang mahasiswa, yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan F serta dioleh dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media sosial instagram, pengalaman berbelanja online dan interaksi lingkungan sosial terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pendidikan ekonomi dengan 0,880 atau 88,0% perilaku konsumtif dipengaruhi oleh penggunaan media sosial instagram, pengalaman berbelanja online dan interaksin lingkungan sosial, serta sisanya sebesar 12,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Media sosial instagram, Pengalaman Berbelanja Online, Lingkungan Sosial, Perilaku Konsumtif.