%A 1816041058 GUSTIA KUMALA DEWI %T ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN ASESMEN NASIONAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KASUS SMA SWADHIPA NATAR) %X Asesmen Nasional merupakan bentuk baru dalam evaluasi pembelajaran untuk pemetaan pendidikan. Sebelumnya evaluasi pembelajaran yang ada di Indonesia ialah Ujian Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Salah satu satuan pendidikan yang melaksanakan Asesmen Nasional ialah SMA Swadhipa Natar Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari kebijakan Asesmen Nasional di SMA Swadhipa Natar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang dikaji dengan menggunakan teori Regullatory Impact Analysis dengan indikator cost and benefit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan Asesmen Nasional di SMA Swadhipa Natar Kabupaten Lampung Selatan memiliki dampak positif dan juga negatif. Dampak positif tersebut diantaranya adalah karakter peserta didik dapat lebih dikenal, metode pembelajaran lebih berkembang, perbaikan sarana dan prasana serta menurunnya tingkat stres peserta didik. Sedangkan untuk dampak negatifnya adalah menurunnya semangat belajar peserta didik. Hal tersebut dikarenakan Asesmen Nasional bukan merupakan syarat dan tolak ukur kelulusan ataupun syarat kenaikan kelas, melainkan untuk memetakan satuan pendidikan. Oleh karena itu peserta didik tidak merasa tertantang untuk belajar lebih giat. Kata Kunci: Analisis Dampak Kebijakan, Asesmen Nasional, Regulatory Impact Analysis. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints64607