title: PERBANDINGAN METODE LONG-SHORT TERM MEMORY DAN GATED RECURRENT UNIT UNTUK MEMPREDIKSI NILAI EKSPOR MIGAS-NONMIGAS DI INDONESIA creator: EGI NURAINI , MAYDIA subject: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika subject: 510 Matematika description: Perkembangan nilai ekspor berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kegiatan ini memberikan peranan penting dan manfaat yang besar, baik komponen migas dan nonmigas, tetapi pergerakan nilai ekspor dari waktu ke waktu terlihat berfluktuasi walaupun tidak terlalu besar, sehingga akan dilihat adakah peluang untuk meningkatkan nilai ekspor di Indonesia. Dalam penelitian ini akan dilakukan peramalan nilai ekspor migas-nonmigas menggunakan dua metode untuk mendapatkan metode terbaik yang memiliki nilai error yang minimum, yaitu LSTM (Long-Short Term Memory) dan GRU (Gated Recurrent Unit), hasil yang diperoleh digunakan untuk menentukan peramalan pada tahun 2022 sampai 2023. Evaluasi model yang digunakan adalah Root Mean Square Error (RMSE) dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Nilai RMSE dan MAPE untuk metode LSTM yang diperoleh sebesar 0,0668 dan 0,9998% untuk komponen migas dan 0,0717 dan 0,9999% untuk komponen nonmigas. Sedangkan nilai RMSE dan MAPE untuk metode GRU sebesar 0,0655 dan 0,9998 % untuk komponen migas dan 0,0697 dan 0,9999% untuk komponen nonmigas Kata Kunci: Ekspor, Peramalan, LSTM, GRU, RMSE, MAPE publisher: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM date: 2022-06-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64658/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64658/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64658/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: EGI NURAINI , MAYDIA (2022) PERBANDINGAN METODE LONG-SHORT TERM MEMORY DAN GATED RECURRENT UNIT UNTUK MEMPREDIKSI NILAI EKSPOR MIGAS-NONMIGAS DI INDONESIA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/64658/