%A 1713023016 SARTIKA %T EFEKTIVITAS FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI REDOKS %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Flipped Classroom pada pembelajaran daring untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi redoks. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control grup design. Keefektivan diukur melalui perbedaan rata- rata nilai n-Gain penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penguasaan konsep peserta didik pada materi redoks berdasarkan perbedaan rata- rata nilai n-Gain mengalami peningkatan dengan kriteria "sedang". Flipped Classroom efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi redoks, dibuktikan dengan hasil uji effect size yang berkriteria "besar". Penelitian ini didukung dengan respon peserta didik terhadap pembelajaran memiliki kriteria ?sangat baik?. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menggunakan Flipped Classroom pada pembelajaran daring efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi redoks. Kata kunci: Flipped Classroom, Penguasaan konsep, Redoks. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints64667