TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints647 UR - http://digilib.unila.ac.id/647/ A1 - , HARYANI Y1 - 2011/09/23/ N2 - Nilai rata-rata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Gadingrejo di bawah kriteria ketuntasan minimal. Selama proses pembelajaran berlangsung masih terjadi keengganan siswa untuk bertanya, bahkan proses belajar cenderung kurang aktif. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan penelitian tentang peningkatan hasil belajar melalui pendekatan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah siswa kelas V SD Negeri 2 Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu tahun pelajaran 2010/2011. Data diperoleh dengan cara observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan tes untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar matematika setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika sebesar 24,33% dan aktivitas siswa juga meningkat sebesar 24,39%, setelah dilaksanakan pembelajaran melalui pendekatan pemecahan masalah. Oleh karena itu, disarankan agar pembelajaran matematika kelas V sekolah dasar hendaknya guru menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah siswa terlatih untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengevaluasi permasalahan dengan cermat sehingga siswa dapat mengembangkan daya nalarnya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Pendekatan pemecahan masalah dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas, khususnya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. PB - Fakultas KIP TI - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEMESTER GENAP SD NEGERI 2 GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -