title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM BLENDED LEARNING TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA creator: FEBRIANI , MELANIA subject: 370 Pendidikan subject: 530 Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dalam Blended Learning terhadap peningkatan rata-rata self efficacy siswa dan belajar kognitif siswa pada materi Impuls dan Momentum. Desain penelitian quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group dengan sampel penelitian kelas MIA 1 (kelas eksperimen menggunakan model PBL dalam Blended Learning) dan X MIA 2 (kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional) di SMAN 1 Seputih Mataram. Instrumen yang digunakan berupa istrumen non-tes, yaitu skala self efficacy dengan Cronbach’s Alpha sebesar 0,924 dan instrumen tes, yaitu 10 soal pilihan ganda (C1-C3) dengan Cronbach’s Alpha sebesar 0,757 serta 5 soal essay (C3) dengan Cronbach’s Alpha sebesar 0,431. Rata-rata N-gain self efficacy kelas eksperimen dalam kategori sedang sebesar 0,31 dengan hasil uji Independent Sample T-test sebesar 0,000 serta nilai Cohen’s d yang diperoleh dalam penelitian ini dalam kategori besar sebesar 1,74. Rata-rata N-gain hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dalam kategori sedang sebesar 0,61 dengan hasil uji Independent Sample T-test sebesar 0,000 serta nilai Cohen’s d dalam kategori besar sebesar 1,36. Kata kunci: Model PBL, Blended Learning, Self Efficacy, Hasil Belajar Kognitif publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-07-13 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64766/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64766/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64766/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: FEBRIANI , MELANIA (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM BLENDED LEARNING TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/64766/