%0 Generic %A FEBRIANI , MELANIA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:64766 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM BLENDED LEARNING TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA %U http://digilib.unila.ac.id/64766/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dalam Blended Learning terhadap peningkatan rata-rata self efficacy siswa dan belajar kognitif siswa pada materi Impuls dan Momentum. Desain penelitian quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group dengan sampel penelitian kelas MIA 1 (kelas eksperimen menggunakan model PBL dalam Blended Learning) dan X MIA 2 (kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional) di SMAN 1 Seputih Mataram. Instrumen yang digunakan berupa istrumen non-tes, yaitu skala self efficacy dengan Cronbach’s Alpha sebesar 0,924 dan instrumen tes, yaitu 10 soal pilihan ganda (C1-C3) dengan Cronbach’s Alpha sebesar 0,757 serta 5 soal essay (C3) dengan Cronbach’s Alpha sebesar 0,431. Rata-rata N-gain self efficacy kelas eksperimen dalam kategori sedang sebesar 0,31 dengan hasil uji Independent Sample T-test sebesar 0,000 serta nilai Cohen’s d yang diperoleh dalam penelitian ini dalam kategori besar sebesar 1,74. Rata-rata N-gain hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dalam kategori sedang sebesar 0,61 dengan hasil uji Independent Sample T-test sebesar 0,000 serta nilai Cohen’s d dalam kategori besar sebesar 1,36. Kata kunci: Model PBL, Blended Learning, Self Efficacy, Hasil Belajar Kognitif