TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints648 UR - http://digilib.unila.ac.id/648/ A1 - , HASWINA Y1 - 2011/09/23/ N2 - Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik mengupayakan akan pembelajarannya dapat meningkatkan minta dan hasil belajar siswa. Begitu pula dengan peserta didik selalu ingin berhasil menguasai dan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah di pelajarinya. Hal itu dapat di wujudkan melalui keterampilan, metode, media, dan teknik mengajar yang sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran peserta didik. Berkaitan dengan hal itu, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah ?Bagaimanakah Penerapan Pendekatan Kontekstual Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV-A SD Negeri 1 Sukarame Dua Bandar lampung ? Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, analisa dan Refleksi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester genap SDN 1 Sukarame Dua Bandar Lampung menggunakan pendekatan kontekstual dengan benda-benda nyata. Hasil penelitian menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan benda-benda nyata terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV Semester genap Tahun Ajaran 2010 / 2011 SDN 1 Sukarame Dua Bandar Lampung ada pengaruh. Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IVA Semester Genap dengan rata-rata nilai 63,29 dengan dasar materi pecahan belum mencapai KKM 65 / pada siklus kedua hanya 20,45 % yang belum tuntas, pada siklus ketiga secara klasikal telah mencapai KKM rata-rata diatas KKM hingga terhenti disklus ini karna telah mencapai ketuntasan atau prestasi siswa telah meningkat dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika PB - Fakultas KIP TI - PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV A DI SD NEGERI 1 SUKARAME DUA KECAMATAN TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -