@misc{eprints64815, month = {Juli}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM LIVEWORKSHEET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN}, author = {1813024045 MUSTIKA FITRI NUR}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/64815/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video pembelajaran dalam Liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMAN 1 Bandar Lampung pada materi perubahan lingkungan pada kelas X semester genap tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 72 peserta didik yang terdiri dari kelas X MIPA 4 sebagai kelompok kontrol dan X MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data kemampuan pemecahan masalah didapatkan dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan teknik analisis Independent sample t-test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,004 {\ensuremath{<}} 0,05. Berdasarkan hasil angket tanggapan pembelajaran, sebagian besar peserta didik setuju bahwa video pembelajaran dalam Liveworksheet membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka dan setuju untuk menggunakan video pembelajaran dalam Liveworksheet. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan video pembelajaran dalam liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi perubahan lingkungan di SMAN 1 Bandar Lampung. ABSTRACT The research aimed to know the effect of using learning video in liveworksheet towards students? problem solving ability at SMAN 1 Bandar Lampung on environmental change material for class X of the 2021/2022 academic year. The research design used in this study is the non-equivalent control group design. The research took sample of 72 students consisting of class X MIPA 4 as a control group and X MIPA 5 as an experimental group with purposive sampling technique. Problem solving ability data obtained from pretest-posttest were analyzed using the Independent sample t-test analysis technique with IBM SPSS Statistic Version 25. The results showed that at the 0.05 significance level, the Sig. value was obtained. (2-tailed) 0.004 {\ensuremath{<}} 0.05. Based on the questionnaire responses, most of the students agreed that the learning videos in the Liveworksheet help them to improve their problem solving ability and agreed to keep using the learning videos in the Liveworksheet. So it can be concluded that there is a significant effect of the use of learning videos in live worksheets towards the problem solving abilities of students at SMAN 1 Bandar Lampung on the material of environmental change.} }