@misc{eprints64846, month = {Mei}, title = {ABREVIASI BAHASA PRANCIS DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK}, author = {RETNA ELIZA PUTRI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/64846/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis, proses pembentukan, dan kesalahan penulisan abreviasi bahasa Prancis, serta implikasinya pada pembelajaran bahasa Prancis. Data pada penelitian ini berupa kata yang mengandung abreviasi bahasa Prancis pada kolom komentar media sosial TikTok. Sumber data dari penelitian ini berasal dari kolom komentar media sosial TikTok pada akun marvinlaqueen, riadhlevrai, voyage.avec.nous, dan franceinfo dengan interval waktu antara bulan November sampai Desember 2021. Penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap. Teknik lanjutan satu SLBC dan teknik lanjutan dua teknik catat digunakan untuk mengumpulkan data. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik dasar Bilah Unsur Langsung (BUL) dan teknik lanjutan teknik ganti. Dalam penelitian ini ditemukan 4 jenis abreviasi, yaitu 39 data l?abr{\'e}viation graphique/typographique, 117 data la troncation, 25 data la siglaison, dan 1 data le t{\'e}lescopage. Data terkait proses pembentukan abreviasi diperoleh data sebagai berikut: 9 proses pembentukan abreviasi, yaitu l?abr{\'e}viation par la suppression des derni{\`e}res lettres 1 data, l?abr{\'e}viation par le lex{\`e}me de chacun en d{\'e}but de mot 32 data, l?abr{\'e}viation par la similarit{\'e} sonore 6 data, apocope 39 data, syncope 75 data, suffixes employ{\'e}s apr{\`e}s troncation 3 data, le sigle 23 data, l?acronyme 2 data, dan le t{\'e}lescopage dengan proses pengurangan silaba pada kata pertama 1 data. 12 data yang mengalami kesalahan penulisan abreviasi, yaitu jenis l?abr{\'e}viation graphique/typographique dengan proses l?abr{\'e}viation par le lex{\`e}me de chacun en d{\'e}but de mot 3 data, la troncation dengan proses syncope 1 data, dan la siglaison pada proses le sigle 7 data, l?acronyme 1 data. Adapun hasil penelitian ini dapat diimplementasikan untuk SMA kelas XI pada KD 3.8 dan 4.8 dan untuk pembelajaran bahasa Prancis secara umum (tout public). Kata kunci: abreviasi, bahasa Prancis, morfologi, TikTok} }