title: IMAJI DAN KORELASI OBJEKTIF DALAM KUMPULAN SAJAK DON QUIXOTE KARYA GOENAWAN MOHAMAD DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DI SMA creator: Ari Pahala Hutabarat, 1123041004 subject: description: ABSTRAK IMAJI DAN KORELASI OBJEKTIF DALAM KUMPULAN SAJAK DON QUIXOTE KARYA GOENAWAN MOHAMAD DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) Oleh Ari Pahala Hutabarat Imaji dan korelasi objektif yang terdapat dalam puisi merupakan hal yang penting dan perlu untuk dianalisis secara mendalam. Hal ini menjadi penting kaitannya dalam pembelajaran bahasa di sekolah sekaligus menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan makna pada puisi dengan cara mengindentifikasi dan mendeskripsikan jenis-jenis imaji, sumber imaji, dan penggunaan korelasi objektif dan mengimplikasikannya pada pembelajaran bahasa dan sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Sumber data penelitian ini adalah kumpulan puisi Don Quixote karya Goenawan Mohamad. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data berupa puisi-puisi yang terdapat dalam kumpulan puisi yang telah disebutkan di atas dianalisis dengan terlebih dahulu menyajikannya secara lengkap, lalu diinterpretasikan maknanya melalui parafrasa, pemaknaan atas frasa, klausa, larik, metafor, simbol, dan operasionalisasi oposisi biner di dalam teks puisi sebagai dasar tafsir. Kemudian dilakukan identifikasi atas bagian-bagian puisi yang mengandung imaji dan korelasi objektif dan diinterpretasikan maknanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Puisi-puisi Goenawan Mohamad dalam kumpulan Don Quixote menjadikan legenda Spanyol, Don Quixote, karya Miguel de Cervantes sebagai sumber imajinya. Jenis-jenis imaji yang digunakan dalam puisi-puisi di buku kumpulan puisi Don Quixote adalah imaji visual, auditori, kinestetik, taktil, visual-kinestetik, visual-auditori, visual-taktil, auditori-taktil, kinestetik-taktil, visual-kinestetik-auditori, dan imaji visual-kinestetik-taktil-auditori. Dua jenis imaji yang paling banyak digunakan, yaitu imaji auditoris dan imaji visual. Puisi-puisi pada buku kumpulan puisi Don Quixote juga secara eksplisit menerapkan formula korelasi objektif, yaitu proses penyampaian ide-ide yang bersifat emosional melalui penyusunan adegan dalam peristiwa tertentu, dalam suasana tertentu, dalam ruang dan waktu tertentu, dan menggunakan hewan dan benda-benda yang menjadi properti latar maupun subjek lirik untuk menyampaikan asosiasi emosi tertentu. Pengimplikasian kumpulan puisi Don Quixote karya Goenawan Mohamad dalam pembelajaran bahasa dan sastra ditujukan untuk pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur fisik puisi, mengungkapkan gagasan, pikiran, dan perasaan dalam bentuk puisi, dan menganalisis unsur fisik dan batin puisi di Sekolah Menengah Atas. Guru dapat menggunakan kumpulan puisi Don Quixote karya Goenawan Mohamad sebagai alternatif bahan ajar karena puisi-puisi dalam kumpulan puisi tersebut layak dan sangat sesuai dengan kriteria pemilihan bahan ajar. Kata kunci: puisi, imaji, korelasi objektif. SANWACANA Puji syukur penulis ke hadirat Allah Swt. karena berkat rahmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan tesis yang berjudul ” Imaji dan Korelasi Objektif dalam Kumpulan Puisi Don Quixote karya Goenawan Mohamad dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Menengah Atas (SMA)”. Atas selesainya tesis ini penulis mengucapkan terima kasih yang tulus kepada yang terhormat. 1. Dr. Edi Suyanto, M.Pd, selaku pembimbing I dan pembimbing Akademik yang telah begitu sabar dan tulus membimbing penulis. 2. Dr. Muhammad Fuad, M.Hum. selaku pembimbing II yang telah begitu tulus dan serius membimbing penulis. 3. Dr. Karomani, M.Si. selaku penguji utama yang telah memberikan berbagai saran. 4. Dr. Nurlaksana Eko Rusminto, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5. Segenap dosen di Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6. Dr. Hi. Bujang Rahman, M.Si. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung beserta stafnya. 7. Bapakku yang keren, Arman Hutabarat (Alm) yang belum sempat kubahagiakan ia selagi masih hidup dan mamakku yang tangguh, Ringgasui Nilam, yang telah mendidikku dan menjagaku. 8. Adik-adikku yang keren, Benno R. Hutabarat, Chepry C. Hutabarat, dan Delvira K. Hutabarat. 9. Belahan jiwaku, matahari hatiku, alasan hidupku: Yunita Arsianty, Ahmad Tijani Hutabarat dan—yang kelahirannya menandai berkah tiada usai bagiku: Ahmad Jilani Hutabarat. 10. Teman-teman terbaikku di Komunitas Berkat Yakin (KoBER) yang tanpa mereka tesis ini akan sangat sulit untuk selesai, juga kepada para sahabatku terkasih, Fahtly Husnawan dan Rifian A Chepy. 11. Teman-teman Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan pertama yang tidak dapat disebutkan namanya satu per satu. 12. Semua pihak yang telah membantu proses penyelesaian tesis ini tanpa terkecuali. Semoga Allah Swt. membalas kebaikan semua pihak yang telah membantu. Semoga karya ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah. Bandarlampung, Januari 2015 Penulis, Ari Pahala Hutabarat PERSEMBAHAN Kupersembahkan karya ini kepada Bapak (Alm), mamak, adik-adikku, istri dan anak-anakku terkasih. Juga kepada dunia pendidikan dan sastra Indonesia—semoga kelak cemerlang! MOTO Ayat-ayat Al Quran, puisi-puisi yang bijak dan menakjubkan tentang cinta, serta bunyi dan suara akan kerinduan dapat menyinari wajah jiwa. (Rasulullah SAW) Andaikata kalian mempunyai buah dan berkah pengetahuan, nisacaya kalian tidak akan pergi menuju pintu para sultan yang mencari jatah untuk diri-rendah dan hawa nafsu kalian. Orang yang mempunyai pengetahuan yang dalam tidak mempunyai kaki yang dengannya ia pergi menuju pintu makhluk. (Syaikh Abdul Qadir Jaelani) Bagaimana engkau akan menjadi ‘luar biasa’ jika engkau masih menempuh jalan-jalan yang ‘biasa’. (Syaikh Abu Hasan As Syadzali) ABSTRACT IMAGE AND OBJECTIVE CORRELATIVE IN A BOOK OF POEMS OF DON QUIXOTE WRITTEN BY GOENAWAN MOHAMAD AND ITS IMPLICATIONS TOWARDS LEARNING LANGUAGE IN HIGH SCHOOL By ARI PAHALA HUTABARAT Image and objective correlative in poetry are important and need to be deeply analyzed. It becomes important in relation with language learning in school and also becomes issues in this research . This research is aimed to describe the meaning of the poem in a way to identify and describe the types of images, image source, objective correlative, and also implicate them in high school language learning. The Source of the research data was a book of poems of Don Quixote written by Goenawan Mohamad. This was a qualitative research using descriptive method. The Source of the research data was a book of poems as mentioned above which has been completely analyzed first, then interpreted the meaning through paraphrase, meaning of the phrase, clause, or lines, metaphors, symbols, and operationalization of binary opposition in the text of the poem as the basis for interpretation. Then did the identification of parts of the poem containing images and objective correlative and interpret its meaning. The results showed that a book of poems of Don Quixote written by Goenawan Mohamad made the Spain legends, Don Quixote, by Miguel de Cervantes as the source of the image. The types of images used in a book of poems of Don Quixote were a visual image, auditory, kinesthetic, tactile, visual-kinesthetic, visual-auditory, visual-tactile, auditory-tactile, kinesthetic-tactile, visual-kinesthetic- auditory, and visual images-kinesthetic-tactile-auditory. The most two types of images that widely used were auditory images and visual images. The poems in the book of poetry of Don Quixote also explicitly applied an objective correlation formula, which was the process of delivering ideas that were emotionally through the preparation of a scene in a particular event, in particular the atmosphere, in space and time, and the use of animals and objects which became the subject property as well as the background lyrics to convey certain emotions association. The implications of a book of poems of Don Quixote written by Goenawan Mohamad in language learning and teaching of literature aimed to identify the physical elements of poetry, expressing ideas, thoughts, and feelings in the form of poetry, and analyze the physical and mental elements of poetry in high school. Teachers could use a book of poems of Don Quixote written by Goenawan Mohamad as an alternative teaching materials for the poems in this book of poems was feasible and was in accordance with the selection criteria for teaching materials. Keyword: poem, image, objective correlative. date: 2015-01-02 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/2/ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/3/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/5/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/6/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/8/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/9/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/10/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/11/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/101/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/102/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/103/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/104/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/105/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6485/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Ari Pahala Hutabarat, 1123041004 (2015) IMAJI DAN KORELASI OBJEKTIF DALAM KUMPULAN SAJAK DON QUIXOTE KARYA GOENAWAN MOHAMAD DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DI SMA. UNSPECIFIED. relation: http://digilib.unila.ac.id/6485/