%0 Generic %A ARIZ IKHTIAR, 1816011067 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:64864 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB DISFUNGSI SOSIALISASI PENDIDIKAN DI KELUARGA (Studi pada Keluarga yang Memasukkan Anak ke Lembaga PAUD Pekon Pagar Dewa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat) %U http://digilib.unila.ac.id/64864/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab disfungsi sosialisasi pendidikan di keluarga (Studi pada keluarga yang memasukan anak ke lembaga PAUD Pekon Pagar Dewa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat). Metode yang digunakan tipe deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam kepada 5 informan yang terdiri dari 4 orang tua murid dan 1 orang guru PAUD, observasi langsung dengan melakukan pengamatan terhadap objek penelitian dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor penybab disfungsi sosialisasi pendidikan di keluarga yaitu: 1) Perkembangan zaman mewarnai pendidikan anak yang menekankan pada istitusi PAUD, dengan fokus calistung. 2) Peningkatan status pendidikan generasi orang tua yang lulusan SMA, menunjukkan tren memasukkan anaknya ke PAUD, meski mereka tidak bekerja di luar rumah. 3). Pola asuh anak yang kurang sesuai membuat pendidikan di keluarga kurang berjalan dengan baik. Kata kunci: Disfungsi, Sosialisasi, Pendidikan Keluarga This study aims to analyze the factors that cause dysfunction of educational socialization in the family (study on families who enroll children in PAUD Fekon Pagar Dewa institutions, Sukau District, West Lampung Regency). The method used is descriptive type by using a qualitative approach. The method of data collection is by in-depth interviews with 5 informed informants and 4 parents and 1 PAUD teacher, direct observation by observing the object of research and documentation by collecting information in the form of books, documents, and writing in the form of reports. The results of this study indicate the factors that cause dysfunction of educational socialization in the family, namely 1) The development of the times has colored parents’ education which emphasizes the institution of PAUD, with a fokus on calistung. 2) The increase in the educational status of the parent generation the average graduating from high school, shows a trend of enrolling their children in PAUD, even though they do not work outside the home. 3) Inappropriate parenting patterns make education in the family not going well Keywords: Dysfunction, Socialization, Family Education