%0 Generic %A Thasya Mustika Hersan Saputri, 1906081024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:64904 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/64904/ %X Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana wajib yang dimiliki setiap sekolah, dan juga menjadi pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif untuk memungkinkan para siswa-siswi dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasinya. Penulis melakukan penelitian untuk mengetahui strategi pengembangan koleksi di lokasi sesuai atau tidak dengan standar pengembangan koleksi pada umumnya. Strategi ini dilakukan untuk meningkatkan mutu perpustakaan yang selama ini terdapat beberapa kendala dalam menerapkan layanan perpustakaan. Metode penulisan dalam penulisan tugas akhir adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan juga studi pustaka. Strategi pengembangan perpustakaan dalam peningkatan mutu perpustakaan di SMKN 2 B.Lampung telah menerapkan beberapa strategi yang disertakan perbandingan Hal ini didapat dalam penggunaan aspek-aspek dengan pedoman strategi pengembangan. Dalam penerapannya, terdapat beberapa hasil sesuai standar strategi pengembangan koleksi, serta aspek-aspek yang tidak sesuai. Dari aspek strategi pengembangan koleksi sudah sesuai dengan strategi di perpustakaan, kemudian aspek strategi pengembangan sarana dan prasarana juga sudah memenuhi fasilitas perpustakaan untuk menunjang layanan yang belih maksimal, sedangkan aspek strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) belum menyesuaikan dengan standar, maka didapat kesimpulan bahwa strategi pengembangan koleksi, sarana dan prasarana sudah sesuai dengan standar, namun aspek sumber daya manusia (SDM) belum sesuai dengan standar. Kata Kunci: Strategi, Layanan, Perpustakaan Sekolah