%A 1813053010 Dinda Nur Kasella %T PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 1 TAMBAHREJO %X ABSTRAK PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 1 TAMBAHREJO Oleh DINDA NUR KASELLA Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SD Negeri 1 Tambahrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SD Negeri 1 Tambahrejo. Fokus penelitian yang diajukan adalah pemahaman tenaga pendidik dan peserta didik SD Negeri 1 Tambahrejo mengenai karakter disiplin dan tanggung jawab.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah tenaga pendidik dan peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tambahrejo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 1 Tambahrejo sudah menerapkan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab dengan baik dan sangat paham. Kata Kunci: disiplin, karakter, pendidikan, tanggung jawab. ABSTRACT IMPLEMENTATION OF DISCIPLINE AND RESPONSIBILITY CHARACTER EDUCATION FOR STUDENTS CLASS IV AT SD NEGERI 1 TAMBAHREJO The problem with this research is the lack of discipline and responsibility character education in SD Negeri 1 Tambahrejo. This research aims at describing the implementation of character education discipline and responsibility at class IV in SD Negeri 1 Tambahrejo. The focus of the research proposed is the understanding of educators and students of SD Negeri 1 Tambahrejo regarding the character of discipline and responsibility. This research is quantitative descriptive. The research subjects were educators and students at class IV of SD Negeri 1 Tambahrejo. This study uses data collection techniques in the form of observation, interviews, and distributing questionnaires. The data analysis technique used in this research is using quantitative descriptive data analysis techniques with percentages. Test the validity of the data using validity and reliability tests. The results of the study indicate that SD Negeri 1 Tambahrejo has implemented discipline and responsibility character education well and is very understanding. Keywords: discipline, character, education, responsibility character. %D 2022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1813053010 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints64962