@misc{eprints64973, month = {Juni}, title = {PEMBELAJARAN GERAK TARI SI KANCIL MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DI TK ASSALAM 2 SUKARAME BANDARLAMPUNG}, author = {Luvhita Azqia Madyaratry Luvhitaazqia25@gmail.com}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/64973/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari menggunakan metode bercerita dalam pembelajaran gerak tari si kancil di TK Assalam 2 Sukarame Bandarlampung. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas B 1 yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data yang didahului berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran gerak tari si kancil menggunakan metode bercerita berjalan sesuai dengan instrumen. Hal ini terlihat pada tahap pembelajaran tari menggunakan metode bercerita yaitu tahap pendahuluan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi yang dilakukan oleh guru. Siswa tampak aktif dengan metode yang digunakan, cepat dan mudah menghafal ragam gerak tari serta antusias ketika guru memberikan kesempatan untuk bercerita maupun memperagakan gerak di depan kelas. Kata kunci: gerak tari si kancil, metode bercerita, pembelajaran This study aims to describe dance learning using the storytelling method in learning the dance moves of the mouse deer at Assalam Kindergarten 2 Sukarame Bandar Lampung. The research was conducted using qualitative methods. This study's data sources were teachers and students of class B 1, totalling 16 students. This study's data collection techniques were observation, interviews, and documentation. The stages of data analysis are preceded by data reduction, data presentation, and concluding. The results of this study indicate that the learning process of the mouse deer dance moves using the storytelling method according to the instrument. This can be seen in the dance learning stage using the storytelling method, namely the preliminary stage, the implementation stage and the evaluation stage carried out by the teacher. Students seem active with the method used, quickly and easily memorize various dance movements and are enthusiastic when the teacher provides opportunities to tell stories or demonstrate movements in front of the class. Keywords: Deer Dance Moves, Storytelling Method, Learning } }