TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints65 UR - http://digilib.unila.ac.id/65/ A1 - Ponijo, Yeni Apriyani Y1 - 2013/12/23/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap pemahaman konsep matematis siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Anak Ratu Aji. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII2 sebagai kelas kontrol, yang dipilih melalui teknik purposive sampling Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Group Investigation lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Group Investigation, pemahaman konsep matematis. PB - Fakultas MIPA TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Anak Ratu Aji, Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -