%0 Generic %A SEPTRI ANI DAMAYANTI, 1753053030 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:65007 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 226 PALEMBANG %U http://digilib.unila.ac.id/65007/ %X Masalah penelitian ini rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN 226 Palembang di bawah kriteria ketuntasan minimum. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 226 Palembang. Metode yang digunakan ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Populasi berjumlah 125 dan sampel yang digunakan berjumlah 55 peserta didik. Tenik pengumpulan data menggunakan lembar angket pola asuh demokratis orang tua yang berjumlah 25 pernyataan. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian disimpulkan terdapat hubungan pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 226 Palembang dengan kategori “Sedang”. Kata kunci: hasil belajar, orang tua, pola asuh demokratis.