?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1813023001&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+INKUIRI+TERBIMBING+DENGAN+BANTUAN+LABORATORIUM+VIRTUAL+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+ASAM+BASA&rft.creator=+Hazel++Salma%2C+1813023001&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+dengan+bantuan+laboratorium+virtual+terhadap+hasil+belajar+peserta+didik+pada+materi+asam+basa.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+peserta+didik+kelas+kelas+XI+IPA+SMA+Negeri+14+Bandarlampung+tahun+ajaran+2021%2F2022+yang+berjumlah+179+peserta+didik.+Pengambilan+sampel+dilakukan+dengan+menggunakan+teknik+purposive+sampling+dan+ditetapkan+kelas+XI+IPA+4+sebagai+kelas+kontrol+dan+XI+IPA+5+sebagai+kelas+eksperimen.+Metode+penelitian+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+Quasi+Experiment+dengan+Non+Equivalent+Control+Group+Design.+Hasil+belajar+peserta+didik+diperoleh+dari+hasil+belajar+kognitif+dan+hasil+belajar+afektif.+Berdasarkan+kriteria+Hake+(1998)%2C+hasil+penelitian+rata-rata+n-Gain+hasil+belajar+kognitif+peserta+didik+untuk+kelas+kontrol+adalah+0%2C38+dan+kelas+eksperimen+adalah+0%2C67+keduanya+memiliki+kategori+sedang.+Hasil+uji+effect+size+menunjukkan+bahwa+terdapat+perbedaan+signifikan+antara+nilai+n-Gain+hasil+belajar+kognitif+peserta+didik+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol.+Serta+berdasarkan+kriteria+Arikunto+(2006)+presentase+rata-rata+hasil+belajar+afektif+peserta+didik+untuk+kelas+kontrol+adalah+61%2C13%25+dan++kelas+eksperimen+adalah+66%2C81%25+keduanya+memiliki+kategori+tinggi.+Hal+tersebut+menunjukkan+bahwa+persentase+rata-rata+hasil+belajar+afektif+peserta+didik+pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+persentase+rata-rata+hasil+belajar+afektif+peserta+didik+pada+kelas+kontrol.+Hal+ini+menunjukkan+bahwa+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+dengan+bantuan+laboratorium+virtual+efektif+meningkatkan+hasil+belajar+peserta+didik+pada+materi+asam+basa.%0D%0A%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+asam+basa%2C+hasil+belajar%2C+inkuiri+terbimbing%2C+laboratorium+virtual&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2022-08-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65015%2F1%2F1.%2520ABSTRAK_Hazel%2520Salma.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65015%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65015%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++Hazel+Salma%2C+1813023001++(2022)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+INKUIRI+TERBIMBING+DENGAN+BANTUAN+LABORATORIUM+VIRTUAL+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+ASAM+BASA.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65015%2F