?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1813023016&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+INKUIRI+TERBIMBING+DENGAN+BANTUAN+LABORATORIUM+VIRTUAL+UNTUK+MENINGKATKAN+PENGUASAAN+KONSEP+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+ASAM+BASA&rft.creator=+Sella+Ramadhila%2C+1813023016&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+dengan+bantuan+laboratorium+virtual+dalam+meningkatkan+pe-nguasaan+konsep+peserta+didik+pada+materi+asam+basa.+Metode+penelitian+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+kuasi+eksperimen+dengan+non-equivalent+control+group+design+dan+pengambilan+sampel+dilakukan+dengan+teknik+purposive+sampling.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+peserta+didik+kelas+XI+MIPA+SMA+Negeri+14+Bandarlampung+tahun+ajaran+2021%2F2022+yang+berjumlah+179+peserta+didik+dan+ditetapkan+kelas+XI+MIPA+1+sebagai+kelas+kontrol+dan+XI+MIPA+2+sebagai+kelas+eksperimen.+Efektivitas+model+pembelajaran+inkuiri+ter-bimbing+dengan+bantuan+laboratorium+virtual+dianalisis+menggunakan+uji+perbe-daan+dua+rata-rata+pada+n-Gain+dan+uji+effect+size+terhadap+penguasaan+konsep+peserta+didik+pada+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat+perbedaan+yang+signifikan+pada+rata-rata+n-Gain+kedua+kelas+dengan+rata-rata+n-Gain+penguasaan+konsep+peserta+didik+untuk+kelas+kontrol+adalah+0%2C63+(kriteria+sedang)+dan+kelas+eksperimen+adalah+0%2C72+(kriteria+tinggi).+Hasil+uji+effect+size+menunjukkan+bahwa+92%25+tingginya+penguasaan+konsep+peserta+didik+disebabkan+oleh+pembelajaran+dengan+model+inkuiri+terbimbing+dengan+bantuan+laboratorium+virtual.+Berdasarkan+hasil+penelitian+dapat+disimpulkan+bahwa+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+dengan+bantuan+laboratorium+virtual+pada+materi+asam+basa+dapat+meningkatkan+penguasaan+konsep+peserta+didik.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+asam+basa%2C+penguasaan+konsep%2C+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing%2C+laboratorium+virtual&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2022-08-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65036%2F1%2F1.%2520ABSTRAK_Sella%2520Ramadhila.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65036%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65036%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++Sella+Ramadhila%2C+1813023016++(2022)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+INKUIRI+TERBIMBING+DENGAN+BANTUAN+LABORATORIUM+VIRTUAL+UNTUK+MENINGKATKAN+PENGUASAAN+KONSEP+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+ASAM+BASA.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65036%2F