%0 Generic %A Sella Ramadhila, 1813023016 %C Universitas Lampung %D 2022 %F eprints:65036 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN BANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA %U http://digilib.unila.ac.id/65036/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan laboratorium virtual dalam meningkatkan pe-nguasaan konsep peserta didik pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Bandarlampung tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 179 peserta didik dan ditetapkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Efektivitas model pembelajaran inkuiri ter-bimbing dengan bantuan laboratorium virtual dianalisis menggunakan uji perbe-daan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap penguasaan konsep peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata n-Gain kedua kelas dengan rata-rata n-Gain penguasaan konsep peserta didik untuk kelas kontrol adalah 0,63 (kriteria sedang) dan kelas eksperimen adalah 0,72 (kriteria tinggi). Hasil uji effect size menunjukkan bahwa 92% tingginya penguasaan konsep peserta didik disebabkan oleh pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dengan bantuan laboratorium virtual. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan laboratorium virtual pada materi asam basa dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Kata kunci: asam basa, penguasaan konsep, model pembelajaran inkuiri terbimbing, laboratorium virtual