@misc{eprints65040, month = {Agustus}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED-DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA}, author = {1813023006 Fitri Meliniasari}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Keguruan dan Ilmu Pendidikan }, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/65040/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran blendeddiscovery learning dalam meningkatkan penguasaan konsep asam-basa. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 3 yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model blended-discovery learning dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional secara blendedlearning. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) yang dilakukan, rata-rata n-Gain penguasaan konsep asam-basa peserta didik pada kelas kontrol sebesar 0,42 dengan kategori ?sedang? dan pada kelas eksperimen sebesar 0,74 dengan kategori ?tinggi?. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 86,5\% peningkatan penguasaan konsep asam-basa peserta didik pada kelas eksperimen dipengaruhi oleh pembelajaran blended-discovery learning dengan bantuan laboratorium virtual. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model blended-discovery learning efektif dan mempunyai pengaruh yang ?besar? dalam meningkatkan penguasaan konsep asam-basa peserta didik.} }