%0 Generic %A ALYA HUSNA CHOIRUNNISA, 1753021006 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:65063 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022) %U http://digilib.unila.ac.id/65063/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 31 siswa, yang terpilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain korelasional sebab akibat (cause and effect). Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari skala adversity quotient siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan materi sistem persamaan linear dua variabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara adversity quotient dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Adversity Quotient, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.