TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints65068 UR - http://digilib.unila.ac.id/65068/ A1 - Yuliza Kurniasari, 1713021057 Y1 - 2022/08/02/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandarlampung sebanyak 270 siswa yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.7 dan VIII.8, masing-masing terdiri 30 siswa, yang terpilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Data penelitian ini berupa kuantitaif yang diperoleh dengan tes uraian kemampuan representasi matematis dari pokok bahasan materi pythagoras, yang berjumlah 6 butir soal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran menggunakan model problem based learning lebih tinggi daripada kemampuan representasi siswa pada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: Pengaruh, problem based learning, representasi matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022) AV - restricted ER -