@misc{eprints65089, month = {Agustus}, title = {HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN PENDIDIK DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN METRO TIMUR }, author = {1813053017 Ita Puspitasari }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FKIP}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/65089/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian pendidik dan minat belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 216 orang peserta didik dan sampel berjumlah 71 orang peserta didik menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi dan kuesioner sedangkan analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian pendidik dan minat belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik, dengan koefisien korelasi sebesar 0,6990 berada pada taraf ?kuat?. Kata kunci : hasil belajar matematika, kompetensi kepribadian, minat belajar. The problem in this study is the low mathematics learning outcomes of grade V students in SD Negeri se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Metro Timur. This study aims to describe and analyze a positive and significant relationship between students perceptions of educator personality competencies and learning interests with students mathematics learning outcomes. This type of research is ex post facto correlation. The population is 216 students and the sample is 71 students using probability sampling technique. Data collection techniques are observation, interviews, documentation studies and questionnaires, while data analysis uses product moment correlation and multiple correlation. The results of this study indicate that there is a positive and significant relationship between students' perceptions of educator personality competencies and interest in learning with students' mathematics learning outcomes, with a correlation coefficient of 0.6990 being at the "strong" level. Keywords: interest in learning, mathematics learning outcomes, and personality competence. } }