@misc{eprints65127, month = {Juli}, title = {PENGARUH SIKAP TERHADAP INFORMASI DAN KOMPETENSI LITERASI PADA PENCAPAIAN PRESTASI MAHASISWA MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM)}, author = {1811011026 Febriana}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/65127/}, abstract = {ABSTRAK PENGARUH SIKAP TERHADAP INFORMASI DAN KOMPETENSI LITERASI PADA PENCAPAIAN PRESTASI MAHASISWA MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) Oleh FEBRIANA Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah sikap terhadap informasi dan kompetensi literasi berpengaruh pada pencapaian prestasi mahasiswa MBKM. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu sikap terhadap informasi dan kompetensi literasi dan variabel terikat yaitu pencapaian prestasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 232 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer. Hasil dari analisis regresi linier berganda dan uji parsial (t-test) dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap terhadap informasi berpengaruh secara signifikan pada pencapaian prestasi mahasiswa MBKM, dimana sikap membaca informasi yang positif akan meningkatkan pemahaman pengetahuan yang dirasakan oleh mahasiswa. Selanjutnya, kompetensi literasi berpengaruh secara signifikan pada pencapaian prestasi mahasiswa MBKM, dimana mahasiswa menganggap penting identifikasi informasi dengan mengetahui istilah tertentu dan mengelola informasi dari skema dan abstraksi sumber informasi. Kata kunci: sikap, informasi, kompetensi literasi, pencapaian prestasi ABSTRACT THE EFFECT OF ATTITUDE TO INFORMATION AND LITERACY COMPETENCE ON ACHIEVEMENT OF STUDENT MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) By FEBRIANA The purpose of this study was to prove whether attitudes towards information and literacy competence affect the achievement of MBKM students. This study uses the independent variable, namely attitudes towards information and literacy competence and the dependent variable is achievement. The sample in this study was 232 respondents with a sampling technique using non-probability sampling with purposive sampling method. The data collection method used primary data. The results of the multiple linear regression analysis and the partial tes (t-test) of this study indicate that attitudes towards information significantly affect the achievement of MBKM students, where a positive attitude to reading information will increase students understanding of knowledge. Furthermore, literacy competence has a significant effect on MBKM student achievement, where students consider it important to identify information by knowing certain terms and managing information from schemas and abstraction of information sources. Key words: attitude, information, literacy competence, achievement. } }