@misc{eprints65132, month = {Juli}, title = {STRATEGI TAMAN BACA MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK (Studi Pada Taman Baca Masyarakat Gubuk Literasi Kota Bandar Lampung)}, author = {1906081012 Dwi Ariyansyah}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/65132/}, abstract = {Tugas akhir ini membahas tentang strategi taman baca masyarakat dalam meningkatkan minat baca anak (studi pada Taman Baca Masyarakat Gubuk Literasi kota Bandar Lampung). Permasalahan minat membaca masyarakat memang menjadi hal yang menarik untuk dibahas, terlebih lagi Indonesia sangat rendah tingkat minat bacanya. Adanya Gubuk Literasi akan menjadi solusi untuk menuntaskan permasalahan yang ada di masyarakat. Dengan agenda-agenda menarik seperti kelas mengajar, menonton flim, praktik, sosialisasi diharapkan anak-anak bisa merubah prilaku dan karakter untuk menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi yang dilakukan Taman Baca Masyarakat Gubuk Literasi dalam meningkatkan minat baca anak. Metode penelitian yang digunakan tulisan ini menggunakan jenis studi lapangan dengan metode kualitatif. Teknik yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk meningkatkan minat baca anak Gubuk Literasi mempunyai 5 strategi. Inovasi, rekreasi, kolaborasi, reward, share informasi yang masing-masing mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk meningkatkan minat baca anak.Terdapat4 hal yang perlu Gubuk Literasi lakukan untuk menjadi lebih baik lagi, adanya pelatihan untuk semua volunteer Gubuk Literasi, perlu adanya penambahan volunteer, adanya koordinasi dengan pemerintah setempat, perlu adanya penambahan bahan baca anak agar lebih bervariasi. Kata kunci : Taman Baca Masyarakat, Minat Baca Anak, Gubuk Literasi, Strategi Peningkatan Minat Baca.} }