?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1813043027&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PEMBELAJARAN+TARI+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+THINK+PAIR+SHARE+DI+SMPN+13+BANDAR+LAMPUNG%0D%0A&rft.creator=+ADINDA++PUTRI+MAHARANI+%2C+1813043027&rft.subject=700+Seni%2C+seni+rupa%2C+kesenian&rft.subject=707+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+bidang+kesenian+dan+karya+seni&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+mendeskripsikan+proses+dan+hasil+pembelajaran+tari+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+Pair+Share+di+SMPN+13+Bandar+Lampung.+Penelitian+ini+menggunakan+metode+deskriptif+kualitatif.+Sumber+data+penelitian+adalah+guru+seni+budaya+dan+siswa+kelas+8.1+yang+berjumlah+16+orang.+Teknik+pengumpulan+data+dilakukan+melalui+observasi%2C+wawancara%2C+dokumentasi%2C+dan+tes+praktik.+Data+dianalisis+melalui+tiga+tahapan+yaitu%2C+reduksi+data%2C+penyajian+data%2C+dan+penarikan+kesimpulan.+Hasil+penelitian+menunjukkan+pada+proses+pembelajaran+tari+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+Pair+Share+di+SMPN+13+Bandar+Lampung+sudah+terlaksana+sesuai+dengan+prosedur%2C+tahapan+yang+dilakukan+dalam+pembelajaran+tari+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+Pair+Share++yaitu%2C+1.+Tahap+Think%2C+guru+memberikan+tugas+pada+setiap+kelompok+dan+siswa+mengerjakan+tugas+secara+individu+selama+15+menit.+2.+Tahap+Pair%2C+guru+mengarahkan+siswa+berdiskusi+secara+berpasangan+selama+20+menit.+3.+Tahap+Share%2C+guru+meminta+siswa+mendemonstrasikan+hasil+diskusinya+kedepan+kelas+secara+berkelompok+selama+5+menit.+Materi+yang+diberikan+adalah+Tari+Sigeh+Pengunten%2C+Tari+Saman%2C+Tari+Merak%2C+Tari+Kecak%2C+meskipun+materi+sangat+beragam+siswa+tidak+dituntut+untuk+mengetahui+gerakan+secara+utuh.+Hasil+pengamatan+pada+tahap+Think+siswa+mampu+untuk+mendeskripsikan+gerak+dan+menganalisa+ke+dalam+bentuk+gerakan%2C+tahap+Pair+siswa+mampu+berdiskusi+secara+berpasangan+dan+memberikan+kritik+dan+saran%2C+tahap+Share+siswa+mampu+mendemonstrasikan+gerakan.+Diperoleh+hasil+pada+pembelajaran+tari+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+Pair+Share+dengan+presentase+rata-rata+nilai+siswa+77%2C5+yang+menunjukkan+hasil+kriteria+baik.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+pembelajaran+tari%2C+model+pembelajaran+kooperatif%2C+think+pair+share%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2022-06-29&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65133%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65133%2F3%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65133%2F2%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++ADINDA+PUTRI+MAHARANI+%2C+1813043027++(2022)+PEMBELAJARAN+TARI+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+THINK+PAIR+SHARE+DI+SMPN+13+BANDAR+LAMPUNG.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65133%2F