@mastersthesis{eprints6518, month = {Desember}, title = {PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK SMP MUHAMMADIYAH 1 TULANG BAWANG TENGAH KELAS VII SEMESTER 1}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {1123041007 EDI SAPUTRO}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/6518/}, abstract = { ABSTRAK Agar pembelajaran dapat berlangsung efektif, pengembangan bahan ajar cukup penting dilakukan. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar menulis berbasis nilai-nilai kearifan lokal untuk SMP Muhammadiyah 1 Tulang Bawang Tengah Kelas VII Semester 1. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R\&D) dengan tiga tahapan utama, 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan produk, dan 3) uji efektivitas produk. Prosedur penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan untuk memperoleh informasi awal tentang kondisi objektif pembelajaran dan kebutuhan bahan ajar berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Langkah berikutnya adalah mendesain dan mengembangkan produk bahan ajar menulis berbasis nilai-nilai kearifan lokal, penilaian sejawat, uji ahli, uji coba skala kecil, dan uji coba skala luas. Revisi produk pengembangan dilakukan berdasarkan masukan-masukan dari setiap penilaian atau uji yang dilakukan untuk menghasilkan produk bahan ajar yang layak dan siap untuk dilakukan uji efektivitas dalam pembelajaran yang sesungguhnya. Langkah terakhir adalah melakukan uji efektivitas bahan ajar yang dikembangkan dengan mengimplementasikan produk pengembangan pada pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Tulang Bawang Tengah. Hasil uji efektivitas berupa skor pre test dan post test. Hasil uji efektivitas menun-jukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar menulis berbasis nilai-nilai kearifan lokal dapat meningkatkan kualitas hasil belajar, kualitas pembelajaran, dan penanaman nilai-nilai budaya lokal. Hal ini dapat dibuktikan dengan perbandingan skor pre test dan post tes. Perbandingan rata-rata skor pre test dan post test tampak nyata menunjukkan peningkatan, analisis indeks gain menunjukkan kategori sedang. Hasil wawancara dengan guru dan siswa juga mengungkapkan bahwa siswa termotivasi dalam belajar, terlibat aktif, antusias, mempunyai keberanian bertanya dan mengungkapkan pendapat, menghargai orang lain, bekerja sama dan tolong-menolong, mampu menilai dan menunjukkan sikap menghargai budaya lokal. Temuan dalam penelitian ini berguna bagi guru, siswa, dan SMP Muhammadiyah 1 Tulang Bawang Tengah sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) selanjutnya. Temuan dalam penelitian ini dapat terus dikembangkan dan dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan pengembangan lebih lanjut. Kata Kunci: bahan ajar, menulis, kearifan lokal. ABSTRACT For the effective teaching learning, the improvement of material is important to be done. The purpose of this research is for producing the product lesson material based write local wisdom for Junior High School Muhammadiyah One Tulang Bawang Tengah. This research is using research and development (R\&D) models with three principal steps 1) introduction study 2) development product 3) effectiveness test product. Procedur of this research begin with introduction study to get first information about condition objective learning and necessary to lesson material that based values of local wisdom. Next step is designing and developing product of lesson material that based values of local wisdom, counterpart marking, specialist test , small-scale trials, large-scale trials. Revision of the development product was done based on the scoring entries or test that was done to produce the product lesson material and ready to be done effectiveness test in truth learning. Final step is doing effectiveness test of lesson material that was developed with implementing development product of learning in Junior High School Muhammadiah one Tulang Bawang Tengah. Output of effectiveness test are pre-test and post-test. Output of effectiveness showed that learning process with using lesson material based write local wisdom can increase output quality of study, learning quality, and nameable values of local culture. It can evidently with comparison between average of pre-test score 49.37 and post-test score 73.44. Actually, comparison between average of pre-test score and post-test score showed the increase, index analyst gain 0.49 showed medium category. Output of interview with teacher and student give expression that student will motivated to learn, active, enthusiastic, has bravery to asking and giving opinion, will appreciate to everyone, work together, can appreciate and showed the attitude to valued local wisdom. Output of this development research useful for the teacher , the student, and Junior High School Muhammadiyah One Tulang Bawang Tengah as review material in development of Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) furthermore. Key words : material lesson, writing, local wisdom. } }