TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints65254 UR - http://digilib.unila.ac.id/65254/ A1 - Vania Indah Hutami, 1741011058 Y1 - 2022/06/24/ N2 - Perkembangan teknologi komunikasi, menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya. Tingkat persaingan yang ketat serta munculnya para pesaing dalam industri telekomunikasi ini menuntut perusahaan untuk berusaha mempertahankan market sharenya dengan prioritas mempertahankan pelanggan yang telah ada. Mempertahankan pelanggan dan menjaga loyalitasnya merupakan hal yang sangat penting dan menjadi competitive advantage bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek (brand trust) dan ekuitas merek (brand equity) terhadap loyalitas pelanggan di Bandar Lampung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dengan skala likert, yang disebar terhadap 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan, yaitu kepercayaan merek (brand trust) berpengaruh positif signifikan dan ekuitas merek (brand equity) berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Saran dari penelitian ini yaitu Kepercayaan merek merupakan variabel dengan pengaruh terkecil, maka dari itu perusahaan Telkomsel harus lebih memperbaiki reputasinya agar menambah kepercayaan merek Telkomsel, dan juga mengenai produk yang jujur, Telkomsel masih di nilai melakukan jebakan pulsa yang terpotong ketika membeli paket internet berbeda dengan tertera dan seringnya terjadi perubahan harga di paket-paket nya, oleh karena itu kasus seperti itu harus selalu di tinjau dan diperbaiki lebih baik dengan demikian kartu merek Telkomsel lebih diminati dan dipercayai dengan baik oleh konsumen/masyarakat. Sehingga dapat menciptakan serta memberikan kepercayaan merek. Dan perusahaan Telkomsel harus lebih tanggap dalam memberikan pelayanan terhadap keluhan maupun pertanyaan konsumen dalam hal pemakaian kartu merek Telkomsel. Karena dengan pelayanan yang maksimal, maka kepuasan konsumen akan semakin meningkat terhadap kartu Telkomsel. Kata kunci: kepercayaan merek, ekuitas merek, loyalitas pelanggan. PB - FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TI - PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) DAN EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TELKOMSEL DI BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -