?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1713024010&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+LEMBAR+KERJA+PESERTA+DIDIK%0D%0A(LKPD)+BERBASIS+DISCOVERY+LEARNING+TERHADAP+PENINGKATKAN%0D%0AHIGHER+ORDER+THINKING+SKILLS+(HOTS)+PESERTA+DIDIK+SMP&rft.creator=Maudy+Suci+Damayanti+%2C+1713024010&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+Lembar+Kerja%0D%0APeserta+Didik+berbasis+discovery+learning+terhadap+peningkatan+Higher+Order%0D%0AThinking+Skills+peserta+didik+pada+sistem+gerak+kelas+VIII+di+SMP+Negeri+3%0D%0AKotabumi.+Desain+penelitian+yang+digunakan+adalah+one+group+pretest+posttest%0D%0Adesign.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VIII+C+sebanyak+32+orang%2C+yang%0D%0Adipilih+menggunakan+teknik+purposive+sampling.+Data+Peningkatan+HOTS%0D%0Adiperoleh+melalui+pretest+dan+posttest%2C+yang+dianalisis+menggunakan+uji-t%0D%0Aberpasangan+(Paired+Sample+t-Test).+Tanggapan+peserta+didik+tentang%0D%0Apembelajaran+menggunakan+LKPD+berbasis+discovery+learning+dikumpulkan%0D%0Amenggunakan+angket+dan+dianalisis+dengan+presentase.+Hasil+penelitian%0D%0Amenunjukkan+bahwa+ada+perbedaan+signifikan+HOTS+peserta+didik+sebelum+dan%0D%0Asetelah+penerapan+pembelajaran+menggunakan+LKPD+berbasis+discovery+learning%0D%0Apada+taraf+signifikansi+0%2C05+dengan+nilai+sig+(2-tailed)+0+%3C+0%2C05+dan+rerata+N-gain%0D%0Asebesar+0%2C36+dengan+kategori+sedang.+HOTS+peserta+didik+mengalami+peningkatan%0D%0Apada+ranah+kognitif+C4+dan+C5.+Pada+ranah+kognitif+C4-Menganalisis+mengalami%0D%0Apeningkatan+sebesar+7%2C7+dan+C5-Mengevaluasi+sebesar+9%2C72.+Selain+itu%2C+respon%0D%0Apeserta+didik+terhadap+pembelajaran+IPA+menggunakan+LKPD+berbasis+discovery%0D%0Alearning+mendapatkan+rata-rata+sebesar+75%2C8%25+yang+berarti+peserta+didik+setuju%0D%0Alebih+memahami+apabila+materi+sistem+gerak+dijelaskan+menggunakan+LKPD%0D%0Aberbasis+discovery+learning.+Sehingga+dapat+disimpulkan+bahwa%2C+terdapat%0D%0Apengaruh+yang+signifikan+dari+penggunaan+LKPD+berbasis+discovery+learning%0D%0Aterhadap+peningkatan+Higher+Order+Thinking+Skills+peserta+didik.%0D%0AKata+kunci+%3A+LKPD+discovery+learning%2C+Higher+Order+Thinking+Skills%2C%0D%0Asistem+gerak&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2022-08-11&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65284%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65284%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65284%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Maudy+Suci+Damayanti+%2C+1713024010++(2022)+PENGARUH+PENGGUNAAN+LEMBAR+KERJA+PESERTA+DIDIK+(LKPD)+BERBASIS+DISCOVERY+LEARNING+TERHADAP+PENINGKATKAN+HIGHER+ORDER+THINKING+SKILLS+(HOTS)+PESERTA+DIDIK+SMP.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65284%2F