TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints6530 UR - http://digilib.unila.ac.id/6530/ A1 - Anggi Tyas Prabawati, 1013034078 Y1 - 2014/11/17/ N2 - Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kurikulum, sarana, dan metode yang digunakan dalam pembelajaran IPS terpadu di SLB B (tunarungu) Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Penelitian dengan jenis studi kasus bertujuan untuk mengetahui tentang sesuatu hal secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajaran IPS Terpadu adalah kurikulum khusus yang dirancang untuk peserta didik yang memiliki keterbatasan fisik dalam hal ini tunarungu. Kurikulum ini memiliki persentase 60% keterampilan dan 40% materi umum. Pendekatan yang digunakan pada pembelajaran anak tunarungu di SMALB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yaitu pendekatan klasikal dan individual. Sarana pembelajaran khusus dalam menjalankan aktivitas belajar mengajar yaitu terdiri dari ruang khusus yang dilengkapi alat-alat khusus untuk meningkatkan potensinya yang masih dapat diperbaiki dan dikembangkan terutama masalah komunikasi baik dengan menggunakan bahasa lisan maupun tulisan. Dalam pembelajaran IPS Terpadu metode yang digunakan dikelas X B (tunarungu) adalah dua metode khusus yaitu metode kelompok meliputi, metode demonstrasi, metode drill, dan karya wisata, sedangkan metode individu meliputi metode tanya jawab, face to face dan oral. Kata Kunci: IPS Terpadu, SMA Luar Biasa, Bandar Lampung This study aims to determine the curriculum, tools, and methods used in integrated social studies learning in SLB B (deaf) Dharma Dharma Bhakti Pertiwi Bandar Lampung Academic year 2013/2014. The method used in this research is the case study method. Research the type of case study aims to find out about something in depth. The data was collected using observation and interview. Analysis of the data used is the collection, data reduction, datapresentation and conclusion The results showed that the curriculum used in the learning process is the Integrated Social Science curriculum is designed specifically for students who have physical limitations in this case deaf. This curriculum has a percentage of 60% skill and 40% common material. The approach used in teaching deaf children in SMALB Dharma Dharma Bhakti Pertiwi the classical approach and individualized. Special learning tool in performing activities of teaching and learning that is comprised of a specially equipped room specialized tools to enhance the potential that can still be improved and developed especially good communication problems with using spoken or written language. In the Integrated Social learning methods used in class XB (deaf) are two special methods that include group method, demonstration method, drill method, and study tours, while the individual methods include a question and answer method, face to face andoral. Keywords: IPS Integrated, SMA Remarkable, Bandar Lampung PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA SMA LUAR BIASA (STUDI KASUS PADA SMA LUAR BIASA B DHARMA BHAKTI DHARMA PERTIWI BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2013/2014) AV - restricted ER -