%A 1813045012 Keryn Kania %T PERAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL DI EKSTRAKURIKULER SMA BUKIT ASAM %X Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam proses pembelajaran musik ansambel di ekstrakurikuler SMA Bukit Asam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah guru seni budaya yang ada di SMA Bukit Asam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dari peran guru dalam pembelajaran musik ansambel di ekstrakurikuler SMA Bukit Asam menunjukkan bahwa proses pembelajaran alat musik ansambel menggunakan metode tutor sebaya dilaksanakan dengan tahapan, pertama-tama guru meminta semua siswa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan dan memulai pembelajaran. Kedua, pada pertemuan pertama guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan alat musik ansambel yang dipilih oleh siswa. Setiap kelompok memainkan alat musik ansambel sesuai dengan jenisnya masing-masing dan setiap kelompok memiliki satu tutor dari salah satu siswa untuk belajar bersama dan membantu kelompok masing-masing mengenai materi yang diberikan oleh guru, apabila ada siswa yang mengalami kesulitan tutor akan membantu. Ketiga, guru akan tetap mengamati aktivitas belajar siswa dan guru melakukan evaluasi pembelajaran untuk menetapkan tindak lanjut kegiatan dan materi yang akan diberikan selanjutnya. Kata kunci : Pembelajaran, ansambel musik, ekstrakurikuler %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints65348