TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints65349 UR - http://digilib.unila.ac.id/65349/ A1 - ROSI ROSALENA, 1813021040 Y1 - 2022/08/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan strategi metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Swadiri 1 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi dalam 3 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan kelas VII C yang dipilih dengan menggunakan teknik clusler random sampling. Desain penelitian ini adalah the randomized posttest-only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan diuji menggunakan uji-t dengan ? = 0,05. Hasil pencapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti kelas eksperimen lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti kelas kontrol. Diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan strategi metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci : pengaruh, model problem based learning, strategi metakognitif, kemampuan pemecahan masalah matematis. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Swadiri 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2021/2022) AV - restricted ER -