creators_name: Mustika Wahyuning Asih , 1813041019 type: other datestamp: 2022-08-22 08:21:07 lastmod: 2022-08-22 08:21:07 metadata_visibility: show title: KESANTUNAN BERBAHASA PADA NOVEL CINTA DALAM IKHLAS KARYA ABAY ADHITYA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA ispublished: pub subjects: 400 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini ialah kesantunan berbahasa pada novel Cinta dalam Ikhlas Karya Abay Adhitya dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa berupa penaatan dan pelanggaran dalam novel Cinta dalam Ikhlas Karya Abay Adhitya dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berupa novel Cinta dalam Ikhlas Karya Abay Adhitya. Data penelitian ini ialah tuturan antartokoh yang mengandung penaatan dan pelanggaran kesantunan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan cara baca dan catat. Teknik analisis data menggunakan analisis heuristik. Hasil penelitian menunjukkan adanya penaatan dan pelanggaran maksim kesantunan berbahasa. Penaatan maksim kesantunan berbahasa yang dominan yaitu maksim kearifan dan maksim kesepakatan, sedangkan yang paling sedikit ditemukan yaitu maksim kerendahan hati. Tuturan yang menaati maksim kedermawanan, maksim pujian, dan maksim simpati, juga ditemukan dalam penelitian ini. Pelanggaran maksim kesantunan berbahasa yang dominan yaitu maksim pujian dan maksim kesepakatan. Tuturan yang melanggar maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim kerendahan hati ditemukan dalam penelitian ini, sedangkan maksim simpati tidak ditemukan data pelanggarannya. Penemuan hasil penelitian ini berdasarkan pada tuturan antartokoh dalam Novel Cinta dalam Ikhlas karya Abay Adhitya yang berjumlah 256 data. Hasil penelitian diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X kurikulum 2013 revisi tahun 2018 pada Kompetensi Dasar (KD) 3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. 4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negosiasi sebagai materi ajar yang berupa contoh percakapan teks negosiasi. Penerapan hasil tersebut dituangkan dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kata kunci: kesantunan, penaatan dan pelanggaran, novel, implikasi, teks negosiasi date: 2022-08-22 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 1813041019 citation: Mustika Wahyuning Asih , 1813041019 (2022) KESANTUNAN BERBAHASA PADA NOVEL CINTA DALAM IKHLAS KARYA ABAY ADHITYA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/65382/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/65382/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/65382/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf