TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints65392 UR - http://digilib.unila.ac.id/65392/ A1 - KARTIKA HANIF NABILA, 1813032012 Y1 - 2022/06/20/ N2 - Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis TPACK terhadap penguatan keterampilan peserta didikdi SMA Negeri 1 Pringsewu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pendekatankuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di SMA Negeri 1 Pringsewu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden yang terdiri dari36 responden kelas eksperimen dan 34 responden kelas kontrol. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil perhitungan uji paired sample t Test dan uji Independent Samples Test yang digunakan dalam penelitian ini dihasilkan bahwa terdapat pengaruh adanya penggunaan bahan ajar berbasis TPACK terhadap penguatan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 1 Pringsewu yang berdasarkan uji N-Gain Score mempunyai efektifitas sebesar 59,9 % yang dapat dikategorikan cukup efektif. Kemudian terdapat perbedaan yang signifikan atau nyata antara rata-rata hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil penguatan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar berbasis TPACK dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis TPACK. Kata Kunci : Bahan Ajar Berbasis TPACK, Keterampilan Berpikir Kritis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS TPACK TERHADAP PENGUATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) PESERTA DIDIK DI SMAN 1 PRINGSEWU AV - restricted ER -