%A 1813053070 Tiffany Nur Izzati %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 2 BERINGIN RAYA %X ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 2 BERINGIN RAYA Oleh TIFFANY NUR IZZATI Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik dan masih rendahnya hasil belajar tematik kelas V SD Negeri 2 Beringin Raya Bandar lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar tematik pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Beringin Raya. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang, teknik pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik non probability sampling. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh r hitung > r tabel (0,8845 > 0,374) maka H o ditolak dan H a diterima, berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 2 Beringin Raya Bandar Lampung. Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar, pembelajaran temati ABSTRACT THE EFFECT OF THE USE OF DISCOVERY LEARNING MODEL ON 5 GRADE STUDENTS' THEMATIC LEARNING OUTCOMES OF SD NEGERI 2 BERINGIN RAYA By TIFFANY NUR IZZATI The problem in this research was that learning was still centered on educators and the thematic learning outcomes for 5 th grade of SD Negeri 2 Beringin Raya Bandar Lampung was still low. This study aimed to determine the effect of the use of Discovery Learning models on thematic learning outcomes in 5 grade students of SD Negeri 2 Beringin Raya. This type of research was a Quasi Experimental Design with a Nonequivalent Control Group Desain research design. The samples in this study amounted to 56 people, the sampling technique was determined using a non-probability sampling technique. Based on the results of the analysis using a linear regression was obtained that r count > r table (0.8845 > 0.374) then H o was rejected and H a was accepted, it means that it can be concluded that there is an effect of using the Discovery Learning model on the thematic learning outcomes of 5 th grade at SD Negeri 2 Beringin Raya Bandar Lampung. Keyword: discovery learning, learning outcomes, thematic learning th TH %D 2022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1813053070 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints65399