?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=IMPLEMENTASI+PBL+TERINTEGRASI+STEM+DENGAN+FLIPPED+CLASSROOM+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+SISTEM+SISWA+SMA+PADA+TOPIK+USAHA+DAN+ENERGI&rft.creator=+Sri++Rahayu%2C+1813022032&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=530+Fisika&rft.subject=607+Pendidikan%2C+riset%2C+topik+terkait&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+implementasi+PBL+terintegrasi+STEM+dengan+Flipped+Classroom+untuk+meningkatkan+kemampuan+berpikir+sistem+siswa+SMA.+Sampel+pada+penelitian+ini+yaitu%2C+peserta+didik+kelas+X+MIPA+2+dan+X+MIPA+3+SMA+Al-Kautsar+Bandar+Lampung+tahun+ajaran+2021%2F2022.+Desain+Penelitian+yang+digunakan+yaitu+One+Group+Pretest+Posttest.+Instrumen+penelitian+yang+digunakan+yaitu%2C+lembar+tes+soal+pilihan+ganda.+Pembelajaran+dengan+menerapkan+pendekatan+STEM+mampu+meningkatkan+kemampuan+berpikir+sistem+siswa+hal+ini+terlihat+dari+nilai+rata-rata+N-gain+pada+kelas+ekseperimen+sebesar+0%2C65+lebih+besar+dari+kelas+kontrol+dengan+nilai+rata-rata+N-gain+sebesar+0%2C55+dengan+kategori+sedang.+Hal+tersebut+menunjukkan+bahwa+kemampuan+berpikir+sistem+kelas+eksperimen+lebih+meningkat+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol.+Serta%2C+di+dukung+dari+data+hasil+uji+hipotesis+Independent+simple+T-test+diperoleh+nilai+Sig.+(2-tailed)+sebesar+0%2C000+artinya+bahwa+implementasi+PBL+terintegrasi+STEM+dengan+Flipped+Classroom+dapat+meningkatkan+kemampuan+berpikir+sistem+siswa+pada+topik+usaha+dan+energi.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+PBL%2C+STEM%2C+Flipped+Classroom%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2022-08-02&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65431%2F1%2FABSTRAK_SRI%2520RAHAYU.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65431%2F2%2FSKRIPSI_SRI%2520RAHAYU.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65431%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN_SRI%2520RAHAYU.pdf&rft.identifier=+++Sri+Rahayu%2C+1813022032++(2022)+IMPLEMENTASI+PBL+TERINTEGRASI+STEM+DENGAN+FLIPPED+CLASSROOM+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+SISTEM+SISWA+SMA+PADA+TOPIK+USAHA+DAN+ENERGI.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F65431%2F