TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints65431 UR - http://digilib.unila.ac.id/65431/ A1 - Sri Rahayu, 1813022032 Y1 - 2022/08/02/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi PBL terintegrasi STEM dengan Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa SMA. Sampel pada penelitian ini yaitu, peserta didik kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung tahun ajaran 2021/2022. Desain Penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar tes soal pilihan ganda. Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan STEM mampu meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas ekseperimen sebesar 0,65 lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir sistem kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Serta, di dukung dari data hasil uji hipotesis Independent simple T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya bahwa implementasi PBL terintegrasi STEM dengan Flipped Classroom dapat meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa pada topik usaha dan energi. Kata kunci: PBL, STEM, Flipped Classroom PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - IMPLEMENTASI PBL TERINTEGRASI STEM DENGAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA SMA PADA TOPIK USAHA DAN ENERGI AV - restricted ER -