@misc{eprints65434, month = {Juli}, title = {PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI PADIMAN UNTUK DETEKSI PENYAKIT TANAMAN PADI MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT}, author = {1815061011 Uji Khaidah Resti}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS TEKNIK}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/65434/}, abstract = {Padiman adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah petani khususnya petani di Indonesia dalam mengetahui penyakit atau hama yang menyerang tanaman padi sehingga petani dapat mengantisipasi kegagalan panen sejak dini. Perancangan User Interface (UI) diperlukan dalam pembuatan aplikasi Padiman untuk menghasilkan aplikasi dengan tampilan UI yang mudah digunakan. Perancangan UI aplikasi Padiman dilakukan dengan menggunakan metode Design Sprint. Design Sprint adalah metode pendekatan dengan tujuan memvalidasi Prototype berdasarkan kebutuhan pengguna. Dalam melakukan validasi Prototype, dilakukan Usability Testing dengan mempertimbangkan beberapa kriteria seperti efficiency (efisiensi), effectiveness (efektivitas) dan Satisfaction (kepuasan) yang merupakan aspek Usability dari ISO (International Organization for Standardization) 9241-11. Usability Testing pada penelitian melibatkan 15 responden yang berlatar belakang masyarakat umum dan petani. Pada kriteria efektifitas mendapatkan hasil 100\% berhasil dalam mengerjakan setiap Task scenario. Pada kriteria Efisiensi menghasilkan time based efficiency rata-rata sebesar 17 detik waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan setiap task. Pada kriteria kepuasan digunakan metode SUS (System Usability Scale), hasil pengujian SUS menghasilkan nilai pada kriteria kepuasan dengan tingkat grade scale B dan skor 80,67. Kata Kunci : Padiman, Design Sprint, User Interface, System Usability Scale SUS), Usability.} }